large image
Pemkot Cilegon Gelar Musrenbang Tingkat Kota
Kategori Berita | Diposting pada : 2019-03-20 -|- 02:03:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Cilegon-Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Badan Perencanaan  Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cilegon tahun 2020, kegiatan yang berlangsung di Hotel Mangku putra Cilegon ini dibuka secara resmi oleh walikota Cilegon Edi Ariadi, selasa (19/03)


Walikota Cilegon Edi Ariadi dalam sambutannya mengatakan proses musrenbang tahunan yang diselenggarakan pemkot Cilegon telah melalui berbagai tahap rembug warga, Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum Gabungan Perangkat Daerah, sampai dengan Musrenbang tingkat kota ini memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah kota Cilegon 2020. "Rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrenbang, dimana didalamnya terjadi proses negoisasi, rekonsiliasi, dan harmonisasi dengan pemangku kepentingan non pemerintah", katanya.


Lebih lanjut, Edi juga mngungkapkan, kegiatan Musrenbang ini diharapkan menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan. Musrenbang ini menjadi tahap penting dalam perencanaan pembangunan. "Pembangunan yang kita harapkan menyelesaikan permasalahan masa kini dan mengatisipasi permasalahan  dimasa mendatang", tuturnya.


Selain itu, Edi juga menginginkan dengan terlaksananya Musrenbang ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi  antar perangkat daerah, mengkokohkan kolaborasi antar pemkot Cilegon dengan seluruh pemangku kepentingan dikota Cilegon. "Harapan saya yaitu dapat memberikan solusi atas beragam keterbatasan yang dimiliki dan mampu melahirkan perencanaan yang lebih strategis, sinergis, dan tepat sasaran", harapannya.


Pada kesempatan itu, Edi menjelaskan kondisi perekonomian dikota Cilegon dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan dan selalu berada diatas rata-rata regional". Perlu kita ketahui dari sisi pembangunan manusia , indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) secara konsisten selalu menunukan peningkatan, serta kondisi kemiskinan pun secara bertahap semakin menurun, dan saat ini tingkat kemiskinan kota Cilegon berada pada posisi kedua terendah setelah Tanggerang Selatan, kondisi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) juga menurun menjadi sekitar yaitu 9,33% pada tahun 2018, Jelasnya.


Lanjutnya, menurut Edi sesuai hasil dari yang diperoleh Pemkot Cilegon, indeks harapan hidup saat ini meraih nilai 71,56, Indeks Pendidikan 68,83, sedangkan indeks daya beli  77,93. "IPM Cilegon naik, ini menjadi prestasi kita 72,52. dan semua ini berkat kerja keras kita".Ujarnya.


Sementara itu, Plt sekretaris Bappeda Achmad Jubaedi mengatakan tujuan Musrenbang ini merupakan ajang untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan prioritas Kota. "Penyusunan RKPD tahun 2020 ini merupakan rangkaian terencana dari upaya membangun daya saing daerah yang kuat berbasis perdagangan dan jasa, maka dari itu, harapan kita di Musrenbang ini bisa mengkoreksi dan penajaman terhadap rancangan RKPD 2020 yang diajukan untuk menjadi bahan perumusan rancangan terakhir RKPD 2020 dan selanjutnya ditetapkan dalam bentuk peraturan Walikota". Terangnya.





List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA