large image
Sosialisasi Peraturan Kelitbangan dan Inovasi Daerah dan Konsultasi Publik Penentuan Tema Sistem Ino
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-11-09 -|- 03:29:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Cilegon-  Pemerintah Kota Cilegon menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Kelitbangan dan Inovasi Daerah dan Konsultasi Publik Penentuan Tema Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Aula BAPPEDA Kota Cilegon, Selasa ( 07/11).


Plt. Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi yang membuka acara tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan berdsarkan peraturan pemerintah mengenai perangkat daerah. “Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, menghadirkan institusi yang menjalankan fungsi penelitian dan pengembangan di berbagai daerah, Pelaksanaan fungsi tersebut dimaksudkan agar seluruh produk kebijakan publik adalah hasil dari pendekatan ilmiah yang didasarkan fakta dan data, sehingga diharapkan menjadi sebuah kebijakan yang aplikatif dan tetap sasaran”, ungkapnya.


Lebih lanjut, Edi menjelaskan bahwa pemerintah daerah dituntut untuk melakukan percepatan pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan. “Disamping mengenai membangun kebijakan berdasarkan penelitian, Pemerintah Daerah juga dituntut melakukan percepatan pembangunan daerah dan memperbaiki kinerja penyelenggara pemerintahan daerah melalui sebuah inovasi atau terobosan, dalam hal ini, pelayanan publik, meningkatkan pemberdayaan dan peran masyarakat dalam pembangunan , serta meningkatkan daya saing daerah”, jelasnya.


Mengenai kegiatan ini, Edi mengingatkan bahwa inovasi yang dilakukan harus memiliki keberlanjutan kemanfaatannya. “Karena yang utama adalah bukan pada seberapa banyak inovasi yang diluncurkan, namun lebih kepada sejauhmana keberlanjutan dan kemanfaatan inovasi tersebut baik secara local maupun nasional sehingga inovasi yang dihasilkan bukan sekedar “latah” mengikuti dinamika pemerintah daerah”, tuturnya.


 


Edi berharap kegiatan ini menghasilkan dialog yang interaktif agar dapat saling membangun satu sama lain. “Saya harap pada kesempatan ini akan terjadi dialog yang interaktif yang saling membangun. Hal ini bertujuan supaya kami selaku pemerintah daerah dapat mengakomodir kebutuhan serta kinginan dari seluruh Masyarakat Kota Cilegon,” harapnya.


Pada kesempatan ini, Edi juga berpesan kepada seluruh pegawai pemerintahan agar cermat dalam melihat perkembangan zaman. “Saya berpesan kepada seluruh perangkat daerah Kota Cilegon agar cermat dalam melihat perkembangan zaman, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi dan pelayanan publik. Apabila masih terdapat kekurangan, Diharapkan dapat ditingkatkan sehingga tercipta pelayanan publik yang efektif dan efisien”.  katanya.


Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Cilegon, Ati Marliati menjelaskan kegiatan berdasarkan amanat peraturan Pemerintah sehingga mendorong Kota Cilegon untuk melakukan percepatan dalam melaksanakan apa yang diamanatkan itu. “Peraturan Pemerintah tersebut tentunya mendorong daerah untuk lebih cepat dan tanggap dalam menghadapi dinamika percepatan pembangunan, dan BAPPEDA ini tentunya dapat dijadikan wadah untuk membantu kepala daerah dalam mengambil suatu keputusan kebijakan untuk menumbuhkembangkan inovasi-inovasi daerah sebagai slah satu lokomotif pembangunan ekonomi nasional,” terangnya.


Lebih lanjut, Ati menerangkan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai suatu pedoman dan arahan untuk menerapkan inovasi sebagai nilai tambah daerah. “Kegiatan ini bertujuan sebagai pedoman dan arah kegiatan penelitian kebijakan pembangunan yang tentunya menumbuhkembangkan inovasi daerah serta meningkatkan daya saing dan nilai tambah daerah ,” pungkasnya.


Kegiatan yang mengangkat tema “Percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing dan kemandirian daerah sebagai lokomotiv pembangunan nasional” ini menghadirkan narasumber Direktur Pusat Inovasi Daerah, Ir. Atang Sulaeman, kemudian Direktur Sistem Inovasi Kemenristek DIKTI, Ir. Ophirtus Sumule, dan dari Kabid. SDM Pusat Litbang Inovasi Kemendagri, Dr. Teguh Narutomo.



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA